Cari Blog Ini

Everything Can Be

Jumat, 13 Februari 2015

Keutamaan Hari Jumat

Sahabat,

Ada satu hari dalam seminggu yang sangat utama bagi kita kaum muslimin, yaitu HARI JUMAT.
Mengapa hari Jumat sangat utama ? Karena :

1. Rasulullah Saw bersabda "Sebaik-baik hari yang matahari terbit padanya adalah hari Jumat, pada hari ini Adam As diciptakan, pada hari ini Adam As dimasukkan ke dalam surga dan pada hari ini pula ia dikeluarkan dari surga. Dan tidaklah kiamat akan terjadi kecuali pada hari ini." (HR. Muslim)

2. Hari raya kaum muslimin
Rasulullah bersabda "Allah telah menyesatkan orang-orang sebelum kita dari hari Jumat, maka umat Yahudi memperoleh hari Sabtu, umat Nasrani memperoleh hari Ahag/Minggu. Lalu Allah mendatangkan kita dan memberi kita hidayah untuk memperoleh hari Jumat. Maka Allah menjadikan hari Jumat, Sabtu dan Ahad, dan mereka (umat sebelum kita) berada di belakang kita pada hari kiamat. Kita datang paling akhir di dunia, tetapi paling awal datang di hari kiamat yang telah ditetapkan untuk mereka sebelum diciptakan seluruh makhluk." (HR. Muslim)

3. Terdapat Sholat Jumat
Selain merupakan perintah Allah SWT yang diwajibkan kepada kaum beriman, sholat Jumat juga menjadi pembersih dosa antara Jumat tersebut dengan Jumat berikutnya.

Sunnah-sunnah Rasul di hari Jumat :

a. Sholat subuh berjamaah (bagi laki-laki).
Sholat paling utama disisi Allah adalah sholat Subuh di hari Jumat dengan berjamaah sebagaimana sabda baginda Rasulullah SAW.

b. Membaca surat As Sajdah dan Surat Al Insan pada sholat Subuh sebagaimana dicontohkan oleh baginda Rasulullah SAW.

c. Memperbanyak shalawat Nabi, seperti sabda Rasulullah "Perbanyaklah shalawat kepadaku pada hari Jumat, karena sesungguhnya shalawat kalian sampai kepadaku. Karena sesungguhnya Allah mengharamkan tanah untuk memakan jasad para nabi." (HR. Abu Ishaq Al-Harbi)

d. Membaca surat Al Kahfi
Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat, maka ia akan mendapat cahaya di antara dua Jumat.:

e. Memperbanyak doa.
Hari Jumat merupakan salah satu waktu mustajab untuk dikabulkannya doa-doa yang dipanjatkan.


Mari sahabat, kita amalkan sunnah-sunnah Rasul pada setiap hari Jumat sebagai hari yang utama.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar