Cari Blog Ini

Everything Can Be

Rabu, 21 Oktober 2015

Inilah Ciri-Ciri Sakit Ginjal yang Perlu Anda Waspadai Sejak Awal



Gambar struktur ginjal manusia
Mungkin kebanyakan orang masih belum terlalu memahami ciri-ciri sakit ginjal yang sebenarnya. Maka dari itu banyak sekali penderita penyakit ginjal yang baru menyadari bahwa dirinya terkena penyakit ini ketika sakitnya sudah mulai parah.
Akan tetapi sebenarnya ciri ciri ginjal bermasalah bisa dideteksi sejak dini. Namun syaratnya Anda juga harus mengetahui apa saja gejala atau ciri-ciri yang biasanya dialami oleh para penderita sakit ginjal. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi kepada Anda para pembaca tentang bagaimana cara mengetahui gejala gangguan ginjal sejak awal.
Bukan hanya itu, namun kami juga akan jelaskan bagaimana cara mencegah penyakit ini bisa terjadi. So, untuk lebih jelasnya silahkan simak informasi selengkapnya berikut ini.
Pengertian Sakit Ginjal dan Faktor Penyebabnya
Sebelum lebih jauh mengetahui tentang ciri-ciri sakit ginjal, kami akan jelaskan terlebih dahulu kepada Anda mengenai apa itu sakit ginjal dan bagaimana penyakit ini bisa terjadi. Secara umum ginjal memang menjadi salah satu organ tubuh yang sangat penting keberadaannya. Di dalam tubuh, manusia memiliki dua buah ginjal. Akan tetapi sebenarnya untuk kebutuhan sehari-hari, manusia hanya membutuhkan satu ginjal saja. Namun demikian, jika ada satu ginjal saja yang rusak atau tidak berfungsi secara normal lagi, biasanya akan muncul berbagai masalah kesehatan.
Ginjal berfungsi sebagai organ ekskresi, di mana ekskresi sendiri adalah proses pembuangan sisa metabolisme dalam bentuk air seni. Oleh karena itu tak heran jika akan banyak masalah kesehatan yang terjadi apabila ginjal mengalami kerusakan. Perlu Anda ketahui bahwa oleh ginjal, tubuh akan memproduksi air seni secara terus menerus. Kemudian air seni tersebut disalurkan ke kandung kemih, dan akhirnya akan membuat manusia menjadi ingin buang air kecil. Nah, ginjal sendiri berfungsi untuk menyeimbangkan komposisi cairan yang ada di dalam tubuh, mengatur produksi sel darah merah, dan masih banyak lagi fungsi ginjal lainnya.
Gangguan pada organ ginjal ini bisa berupa infeksi saluran kemih atau kelainan ginjal yang lain. Pasalnya sakit ginjal bisa saja terjadi akibat komplikasi dari penyakit lain, misalnya seperti penyakit kencing manis atau diabetes. Penyakit ini juga bisa terjadi karena saluran kemih tersumbat oleh tumor, batu, atau terjadinya penyempitann. Dan yang perlu Anda perhatikan adalah bagaimana ciri ciri ginjal bermasalah atau gejalanya. Pasalnya jika Anda terlambat untuk menanganinya, penyakit ini justru bisa menjadi semakin parah dan akan semakin membahayakan kesehatan penderitanya. Yang akan terjadi adalah fungsi ginjal tidak akan lagi bekerja dengan semestinya, dan penyakit ginjal akan menjadi kronis.
Ciri-Ciri Sakit Ginjal yang Perlu Anda Waspadai Sejak Awal
So, supaya Anda bisa lebih waspada lagi terhadap penyakit berbahaya yang menyerang organ ginjal ini, Anda harus mengetahui apa saja gejala atau ciri-cirinya sejak awal. Pasalnya sebagai organ yang sangat penting, Anda memang diharuskan menjaga kesehatan organ ginjal sebaik mungkin. Ciri yang pertama adalah munculnya rasa gatal yang berlebihan pada kulit. Mengapa bisa demikian? Penjelasannya sebenarnya cukup sederhana.
Kita ketahui bersama bahwa salah satu fungsi utama ginjal adalah sebagai organ yang membuang berbagai sisa metabolisme berupa kotoran yang ada di aliran darah. Nah, apabila fungsi ginjal sudah tidak semestinya lagi, maka di dalam aliran darah akan terjadi penumpukan kotoran atau sisa metabolisme. Kotoran yang berlebih pada aliran darah inilah yang akan membuat penderita sakit ginjal akan merasakan gatal pada kulit yang berlebihan. Bahkan apabila digaruk, yang terjadi adalah kulit bisa berdarah dan meninggalkan luka.
Selain itu ciri-ciri sakit ginjal juga ditunjukkan dengan membengkaknya beberapa bagian tubuh atau bahkan seluruh tubuh mulai dari tangan sampai kaki. Fungsi ginjal yang lainnya adalah untuk membuang cairan yang ada di dalam tubuh melalui urin. Nah, apabila fungsi ginjal sudah tidak bekerja dengan optimal lagi, maka yang akan terjadi adalah pembuangan cairan tidak akan optimal. Hal inilah yang bisa menyebabkan penumpukan cairan di dalam tubuh. Dan penumpukan ini bisa terjadi pada beberapa bagian tubuh atau bahkan pada seluruh tubuh. Hasilnya adalah tubuh penderita sakit ginjal akan terlihat membengkak.
Bukan hanya pembengkakkan, akan tetapi cairan berlebih yang ada di dalam tubuh juga bisa menghambat saluran paru-paru. Bahkan karena ginjal juga berfungsi untuk membantu produksi sel darah merah yang membawa oksigen, maka penderita juga bisa mengalami anemia. Alhasil seseorang yang mengalami sakit ginjal bisa merasakan gejala sesak napas atau bahkan kehabisan napas. Hal ini akan membuat perut penderita menjadi kembung dan kesulitan bernapas saat akan tidur. Anemia bukan hanya menjadi ciri-ciri sakit ginjal yang bisa membuat seseorang sesak napas. Akan tetapi kekurangan sel darah merah ini juga bisa membuat tubuh kedinginan hebat selama beberapa waktu. Kondisi ini bisa terjadi meskipun seseorang berada di ruangan yang hangat atau ketika malam hari.
Bagi Anda para pekerja ataupun pelajar, Anda juga harus sangat mewaspadai ciri ciri ginjal bermasalah. Salah satunya adalah kepala pusing dan juga menjadi lebih sulit untuk berkonsentrasi. Hal ini tentu akan sangat merugikan bagi Anda yang melakukan pekerjaan-pekerjaan yang biasanya menguras kemampuan berpikir Anda, misalnya mengerjakan soal pelajaran, megerjakan tugas kuliah, mengerjakan tugas kantor, dan sebagainya. Gejala ini biasanya diakibatkan karena suplai oksigen ke otak yang seharusnya dibawa oleh sel darah merah tidak mencukupi kebutuhan.
Tips Mencegah Penyakit Ginjal Sejak Dini
Bagi Anda yang tidak ingin mencicipi berbagai macam ciri-ciri sakit ginjal seperti yang tadi sudah kami jelaskan, maka sebaiknya Anda harus mencegah penyakit ini sejak dini. Menjaga kesehatan ginjal memang sudah seharusnya menjadi kewajiban bagi setiap orang. Nah, salah satu hal penting yang harus Anda lakukan adalah selalu mengontrol tekanan darah Anda. Pasalnya tekanan darah tinggi atau hipertensi yang sudah kronis ternyata bisa menjadi salah satu penyebab gagal ginjal terutama pada orang dewasa.
Selain itu jika Anda punya kebiasaan merokok, sebaiknya segera hentikan kebiasaan yang mengganggu kesehatan tersebut. Pasalnya kebiasaan merokok ini bisa menyebabkan terjadinya penyakit ginjal atau bahkan penyakit hipertensi kronis yang akhirnya juga akan berujung pada penyakit ginjal. Dan saran terakhir dari kami adalah lebih baik Anda lebih banyak mengonsumsi air putih. Dalam sehari usahakan Anda memenuhi kebutuhan air di dalam tubuh sebanyak 2 liter atau sekitar 8 gelas per harinya.
So, itu tadi adalah penjelasan singkat kami mengenai apa itu penyakit ginjal, penyebabnya, ciri-ciri sakit ginjal, dan juga bagaimana cara pencegahannya. Semoga setelah membaca artikel ini, Anda bisa mengambil manfaatnya dan membagikan informasi penting ini kepada orang lain. Pasalnya ginjal adalah salah satu organ penting di dalam tubuh yang harus dijaga kesehatannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar