Cari Blog Ini

Everything Can Be

Kamis, 26 Maret 2015

Mendengar Al-Qur'an Menenangkan Jiwa? Ini Penjelasannya



Selain  menenangkan jiwa, bacaan Al-Qur'an yang berirama juga memberikan pengaruh besar jika diperdengarkan kepada bayi.

Membaca Al-Qur'an memiliki manfaat yang sangat besar terhadap kesehatan otak. Menurut sejumlah penelitian, membaca Al-Qur'an bisa meningkatkan daya ingat seseorang.
"Tak ada lagi bacaan yang dapat meningkatkan daya ingat dan memberikan ketenangan kepada seseorang kecuali membaca Al-Quran," kata Ustad Abdul Roziq dalam Bedah Metode Bilqis 'Cara Cepat Membaca dan Mengiramakan Al-Quran.

Tak hanya membaca, dengan mendengarkan bacaan ayat-auay Al-Qur'an, seseorang baik mereka yang berbahasa Arab maupun yang bukan, dapat merasakan perubahan fisiologis yang sangat besar.

Penurunan depresi, kesedihan, memperoleh ketenangan jiwa, menangkal berbagai macam penyakit merupakan pengaruh umum yang dirasakan orang ketika mendengar Al-Qur'an yang berirama.
Manusia memiliki otak kanan dan otak kiri. Otak kanan berkemampuan berirama dan otak kiri untuk menghitung. Jadi membaca Al-Qur'an dengan berirama akan memperbaiki saraf otak kanan dan kiri.

Bacaan Al-Qur'an berpengaruh hingga 97% dalam menciptakan ketenangan jiwa dan penyembuhan penyakit. Membaca dengan berirama terbukti mampu mendatangkan ketenangan bagi mereka yang mendengarkannya.


Bagi Bayi :

Selain menenangkan jiwa, bacaaan Al-Qur'an yang berirama juga memberikan pengaruh besar jika diperdengarkan kepada bayi. Bayi yang berusia 48 jam yang dibacakan ayat-ayat Al-Qur'an dari tape recorder menunjukkan respons tersenyum dan menjadi lebih tenang. Jika mendengarkan musik klasik dapat mempengaruhi kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosional (EQ) seseorang, maka bacaan Al-Qur'an lebih dari itu. Selain mempengaruhi IQ dan EQ, bacaan Al-Qur'an mempengaruhi kecerdasan spiritual (SQ).

Subhanallah, yukk sahabat..kita rutinkan membaca AL-Qur'an dan mendengar lantunannya.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar