Cari Blog Ini

Everything Can Be

Rabu, 10 Desember 2014

Kesiapan Mengatasi Masalah Hidup


Setiap manusia pasti mempunyai masalah, entah berat entah ringan. Ada beberapa kiat untuk mengatasinya :

1. Siap : siap menghadapi yang cocok dengan yang diinginkan dan yang tidak cocok dengan keinginan.

2. Ridho : siap menghadapi apapun yang akan terjadi dan bila sudah terjadi, maka langkah awal yang harus dilakukan adalah mengolah hati kita supaya ridho / rela dengan kenyataan yang ada.

3. Jangan mempersulit diri : sesungguhnya kita ini paling suka mengarang, mendramatisir dan mempersulit diri. Sebagian besar penderitaan kita adalah hasil dramatisasi perasaan dan pikiran kita sendiri. Sehingga membuat masalah menjadi besar dan lebih menakutkan, lebih dahsyat, lebih pahit.
Maka dalam menghadapi persoalan apapun, jangan hanyut dalam pikiran yang salah. Kita harus tenang, menguasai diri. Renungkanlah janji dan jaminan pertolongan Allah SWT.

4. Evaluasi Diri : hidup ini bagai gaung di pengunungan, apa yang kita bunyikan maka suara itu pulalah yang akan kembali kepada kita, artinya segala yang terjadi pada kita adalah buah dari apa yang kita lakukan. Karena itu jadikanlah setiap masalah sarana efektif untuk mengevaluasi dan memperbaiki diri,.karena hal itulah yang menjadai keuntungan bagi diri dan mengundang pertolongan Allah SWT.

5. Hanya Allah-lah satu-satunya penolong : sesungguhnya tidak akanj terjadi sesuatu kecuali atas ijin Allah SWT. Baik itu berupa musibah maupun berupa nikmat. Walau bergabung dengan jin dan manusia seluruhnya akan mencelakakan kita, namun tanpa ijin Allah..tidak akan jatuh sehelai rambutpun dari diri kita. Maka selalu jadikan Allah satu-satunya penolong kita, dan Dia akan menolong kita melalui tangan-tangannya yang banyak....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar